Ramadhan di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur

 

Sekalipun hingar bingar Ramadhan 1441 Hijriah tidak tampak dijalani karena phisical distancing, tetapi hal itu tidak mengubah kekhusukan dan kesungguhan warga muslim BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menjalankan ibadah istimewanya di bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah.

Beberapa hal yang sudah dilakukan oleh warga muslim BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur antara lain Dewan Kemakmuran Mushola (DKM) Assalam dan Dharwa Wanita hampir selama 2 minggu menghimbau para pegawai menyalurkan donasinya untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak pandemik virus corona. Dan hasilnya terkumpullah paket sembako untuk 135 orang, dengan pembagian, 70 paket untuk masyarakat sekitar kantor dan mess,  16 paket sembako untuk penjual gorengan, penyapu jalan, pemulung, penjual makanan keliling, serta 49 paket untuk pramubakti dan tenaga tidak tetap yang bekerja di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Selain donasi dari para pegawai, DKM Assalam juga menggalakkan penerimaan zakat infaq dan sedekah melalui Panitia ZIS BPK Kaltim yang bekerja sama dengan Dana Peduli Umat Kalimantan Timur yang hasilnya langsung diserahkan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Dadek Nandemar kepada Petugas Amil Zakat dari Dana Peduli Umat Kalimantan Timur.

Untuk meningkatkan ketaqwaan dan pemahaman keimanan, DKM Mushola As-Salaam melaksanakan  dua kajian online dengan menggunakan Zoom Meeting, yaitu pada hari Rabu, 29 April 2020,  bertepatan 6 Romadhon 1441 untuk seluruh warga muslim BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur Kajian online kedua  dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Mei 2020, bertepatan 27 Romadhon 1441, bekerja sama dengan Masjid Baitul Hasib Pusat  yang menghadirkan Ust. Ahsannur Ahmad, Lc. sebagai narasumber dengan dimoderatori oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Dadek Nandemar. Pada kajian online tersebut hadir pula Wakil Ketua BPK RI, Anggota IV BPK, Anggota V BPK, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Banten, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat dan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat.

Untuk menggiatkan seluruh muslim dan muslimah BPK Kaltim agar menambah khazanah keislaman dan semakin ingin beramal menambah kebaikan dan ibadah, DKM Mushola As-Salaam menghadirkan program One Day One Hadist mengiringi berjalannya waktu ramadhan hari per hati.

Dengan berbagai macam keterbatasan, pembatasan jarak, dan kesederhanaan, alhamdulillah bulan suci Romadhon telah terlampaui dengan selamat dan memberikan banyak sekali hidayah. Semoga amal ibadah kita semua diterima Allah serta diberikan kesempatan untuk bertemu kembali pada bulan suci Romadhon yang akan datang.