Kunjungan Inspektur Utama ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur

07/11/2019 – 13:43

Dalam rangka meningkatkan kepedulian (awareness) para pegawai di lingkungan BPK Provinsi Kalimantan Timur terhadap optimalisasi pelaksanaan tugas pokok BPK untuk memeriksa pengelolaan dan tanggungajawab keuangan negara, Inspektorat Utama BPK melaksanakan Kunjungan Kerja di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur yang  dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 4 November 2019 sampai dengan tanggal 6 November 2019.

Rombongan Tim Inspektorat Utama dipimpin oleh Inspektur Utama, Ibu Dra. Ida Sundari, MM dengan didampingi oleh Inspektur PIMP Bapak Drs. Maulana Ginting, MSi., Inspektur PKPM, Ibu Rita Amelia, SE, MM., Ak., Inspektur PI, Ibu Etty Herawati, SH., MH., beserta para pejabat struktural dan pelaksana lainnya. Rombongan Itama diterima oleh Kepala Pewakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Dadek Nandemar, SE., MIT, Ak, CA, CFE di Ruangan VIP Bandara APT Pranoto Samarinda.

Dalam kunjungan kerja tersebut, selain melakukan peninjauan dan pengarahan terkait dengan persiapan penilaian Zona Integritas oleh Kementerian PAN RB, Tim Inspektorat Utama juga melakukan Sosialisasi Kegiatan Pengawasan Inspektorat Utama dengan thema “Penguatan Budaya Kerja yang Ber-Integritas, Independen, dan Profesional untuk menghasilkan pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat” yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 5 November 2019, bertempat di Auditorium lantai 3 Gedung Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Pembukaan Acara Sosialiasi Kegiatan Pengawasan Inspektorat tersebut dilakukan dengan sambutan dari Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur Bapak Dadek Nandemar, SE., MIT, Ak, CA, CFE., dan pengarahan dari Inspektur Utama Ibu Dra. Ida Sundari, MM.

Dalam sambutannya, Inspektur Utama menyatakan bahwa para pegawai BPK perlu setiap kali dilakukan pencerahan terkait dengan pemahaman serta evaluasi atas implementasi Quality Control dan Quality Assurance terhadap hasil pemeriksaan, peningkatan kualitas kelembagaan sebagai pelaksanaan Reformasi Birokrasi, dan pelaksanaan nilai-nilai dasar BPK dalam pelaksanaan tugasnya. Di harapkan dengan adanya sosialisasi, maka para pegawai akan semakin peduli (awareness) terhadap pelaksanaan tugasnya untuk mendukung pelaksanaan tugas BPK dalam memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara.

Setelah acara pembukaan, maka dilakukan pembacaan doa dan foto bersama.

Acara sosialisasi dilakukan dalam tiga sesi, yaitu Sesi Pertama dengan judul “Titik Kritis Pemeriksaan BPK saat ini menuju Pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat” dipaparkan oleh Ibu Rita Amelia, SE, MM, Ak. selaku Inspektur PKMP dan dipandu oleh moderator Bapak Agung Hartono, SE., MM. (Kepala Subauditorat Kalimantan Timur II). Pembicara memaparkan tentang pelaksanaan dan hasil pengawasan Quality Control dan Quality Assurance terhadap hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh para pemeriksa BPK disertai dengan penjelasan tentang hal-hal yang pelu ditingkatkan pelaksanaannya.

Acara paparan  sesi Kedua dengan judul “Dukungan Kelembagaan dan Fungsi Konsultasi untuk Pemeriksaan yang berkualitas disampaikan oleh Bapak Drs. Maulana Ginting, MSi., selaku Inspektur PIMK dan dipandu oleh moderator Bapak Gunawan Firmanto, SH. (Kepala Subbagian Hukum). Dalam kesempatan tersebut, pembicara menjelaskan tentang Reformasi Birokrasi, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), SAI PMF, serta pelaksanaan konsultasi oleh Inspektorat Itama.

Acara paparan sesi Ketiga dengan judul “Peran Penegakan Integritas untuk menuju Pemeriksaan Berkualitas dan Bermanfaat dilaksanakan oleh Ibu Etty Herawati, SH, MH, selaku Inspektur PI yang dibantu oleh Bapak M. Yusuf John, SE, MM dengan moderator Bapak Eko Setyo Nugroho, SH (Kepala Sekretariat Perwakilan). Pembicara memaparkan tentang Zona Integritas dan penjelasan tentang nilai-nilai BPK, Perubahan peraturan tentang Kode Etik dan Majelis Kehormatan Kode Etik, Titik berat dan pola penegakan Integritas di BPK, serta Implementasi tentang kiat-kiat bagi satuan kerja untuk meraih predikat WBK dan WBBM.

Untuk memperkuat pemahaman para peserta, maka dilakukan sesi tanya jawab, dan setiap peserta yang mengajukan pertanyaan diberikan reward berupa doorprize dari panitia.

Acara Sosialisasi tersebut di tutup oleh Ibu Etty Herawati, SH, MH mewakili Inspektorat Utama. Dalam arahannya, Inspektur PI, Inspektur Utama kembali menegaskan manfaat dari Sosialisasi yang dilakukan yaitu untuk membangkitkan kepedulian (awareness) dari para pegawai terhadap optimalisasi pelaksanaan tugasnya.


  • Polls

    Bagaimana situs ini menurut anda?

    View Results

    Loading ... Loading ...
  • Polls

    SURVEY LAYANAN INFORMASI PUBLIK

    View Results

    Loading ... Loading ...