PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-74 DI BPK PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

17/08/2019 – 11:02

Pada hari Sabtu, tanggal 17 Agustus 2019, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, bertempat di halaman  Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Jalan M. Yamin Nomor 19 Samarinda.

Dalam upacara dimaksud, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Dadek Nandemar S.E., MIT., Ak., CA, CFE. Sedangkan para petugas upacara yaitu selaku komandan upacara adalah Muhammad Iqbal Ansyori Rusmana, selaku Perwira Upacara adalah Sukamto, selaku Komandan Kompi, Alam Suryanegara dan Fredi Ariza Putra, Pembaca Doa adalah Haris Ahmad Fadli, Pembaca Naskah Upacara adalah Baren Sipayung dan Oky Patria Sadewa, Dirigen adalah Intan Soraya, Pembawa Acara adalah Dwi Afriyanti, serta Bintan Nugraha selaku Ajudan Inspektur Upacara.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur selain ditandai dengan peringatan detik-detik Proklamasi berupa penayangan pembacaan teks Proklamasi suara Proklamator Soekarno Hatta, juga ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur yang dikukuhkan oleh Kepala Perwakilan pada tanggal 16 Agustus 2019 malam di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur. Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih tersebut dilatih dan dikomandani oleh Kristina Hutagalung dan Supriono.

Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera dilakukan oleh para pegawai baik itu pemeriksa, pegawai pada Sekretariat, Tenaga Tidak Tetap, bahkan oleh para pramusaji BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur. Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menggunakan seragam putih putih berpeci hitam, serta berbaju merah bercelana putih bertopi putih menggambarkan kecintaannya kepada Negara kesatuan Republik Indonesia. Dengan berbaris tegap pasukan mengambil bendera merah putih, mengibarkannya, dan memberikan penghormatan penuh dengan mempergunakan formasi sayap rajawali.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan membacakan amanat Ketua Badan Pemeriksa Keuangan yang menguraikan tentang pentingnya penghargaan atas kemerdekaan yang telah diterima oleh Bangsa Indonesia. Kemerdekaan Republik Indonesa merupakan momen bersejarah karena kebebasan Indonesia terlepas dari belenggu penjajahan untuk menjadi negara mandiri yang berdaulat. Peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 Tahun 2019 mengambil thema ‘SDM Unggul Indonesia Maju’, yang menggambarkan visi pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagai strategi utama pembangunan bangsa Indonesia ke depan. Strategi Pembangunan SDM diupayakan agar dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, memenangkan persaingan global ditengah persaingan yang semakin ketat dan persaingan di tengah ketidakpastian. Oleh karenanya, seluruh pemangku kepentingan perlu mendukung strategis pembangunan SDM sesuai kewenangannya masing-masing.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur juga ditandai dengan pemberian penghargaan berupa penyematan Satya Lencana Karya Satya 10 tahun kepada Rahayu Fitri Purnama Sari serta penyerahan tanda kenang-kenangan kepada para pegawai yang dipindahtugaskan keluar dari BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, antara lain di wakili oleh Sdr. Damar Wijonarko, dan Sdr. Oky Patria Sadewa.

Sebagai ucapan syukur atas kemerdekaan, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur juga menyenggarakan ucapan syukur dengan pemotongan tumpeng dan santap siang bersama.


  • Polls

    Bagaimana situs ini menurut anda?

    View Results

    Loading ... Loading ...
  • Polls

    SURVEY LAYANAN INFORMASI PUBLIK

    View Results

    Loading ... Loading ...