KEGIATAN FUN GOWES HARDIKNAS BPK PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2019.

06/05/2019 – 17:34

Kehadiran Badan Pemeriksa Keuangan di kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, tidak hanya berkaitan dengan tugas pemeriksaan semata-mata. BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur mempunyai tugas kelembagaan untuk membangun jaringan silaturahmi fungsi dengan pemerintah daerah, instansi vertikal serta pemangku kepentingan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu, kehadiran BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur juga diharapkan mampu memberikan persepsi positif mengenai peranan BPK di setiap provinsi tidak hanya terkait dengan transparan dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, tetapi terkait dengan pengubahan pola pikir mengenai peran masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup berbangsa dan bernegara.

Dalam membangun pengubahan pola pikir mengenai peran masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup berbangsa dan bernegara dan pengenalannya kepada Badan Pemeriksa Keuangan, pada hari Sabtu, tanggal 4 Mei 2019, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan “Hardiknas Fun Gowes 2019”. Kegiatan itu mengusung thema : “menguatkan kebersamaan untuk membangkitkan potensi generasi muda”.

Kegiatan “Hardiknas Fun Gowes 2019” BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur diikuti oleh kurang lebih 70 peserta, diantara sejumlah 40 orang terdiri guru dan dari murid-murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1, SMK Negeri 4, SMK Negeri 5, SMK Negeri 7, SMK Negeri 10, SMK Negeri 16 serta SMK TI Labaika yang sedang dan telah menyelesaikan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di BPK Provinsi Kalimantan Timur sejak bulan Juli 2018.

Kegiatan “Hardiknas Fun Gowes 2019” BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur dimulai dari halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur dengan pengibaran bendera “START” oleh Ir. R. Cornel Syarief Prawiradiningrat, MM, selaku Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur.

Adapun rute yang dilalui dimulai dari halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, melalui Mall Lembuswana menuju Jalan Pahlawan. Selanjutnya singgah dan berkunjung ke SMK Negeri 1 Samarinda di Jalan Jl. Pahlawan No.04, Dadi Mulya, Samarinda Ulu, Kota Samarinda. Di SMK Negeri 1 Samarinda, peserta gowes diterima oleh Kepala Sekolah dan Guru. Dan pada kesempatan itu pula, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan Plakat serta berfoto bersama.

Setelah singgah di SMK Negeri 1 Samarinda, peserta melanjutkan perjalanan ke Museum Samarinda di Jalan Bhayangkara Samarinda. Selain melihat keindahan taman Samarendah dan megahnya bangunan Museum, peserta berfoto bersama untuk mengabadikan moment tersebut.

Dari Museum Samarinda, peserta melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Samarinda di Jalan Laksamana Yos Sudarso. Dari pinggir Pelabuhan Samarinda, peserta dapat melihat bagian lain dari keindahan kota Samarinda, yaitu adanya perairan dan berjalannya kapal-kapal yang mengantar keluar masuk penumpang ke kota Samarinda.

Dari Pelabuhan Samarinda, peserta melanjutkan perjalanan ke Bekas Bandar Udara Temindung, yang terletak di jalan S. Parman Samarinda. Selain beristirahat dan menikmati makanan ringan, para peserta juga melakukan foto bersama. Untuk menggugah semangat para peserta, maka sebagian peserta melakukan adu kecepatan bersepeda di arena bekas bandara tersebut.

Setelah beristirahat sejenak di Bekas Bandara Temindung, para peserta  “Hardiknas Fun Gowes 2019” mengakhiri perjalannya di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur kembali.

Selain acara “fun gowess” peserta gowes juga diajak bersilaturahmi dengan para pelajar, guru-guru dan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur bertempat di Lantai 3 Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur. Dalam acara itu ditampilkan berbagai kemampuan dan bakat para pelajar, guru, dan pegawai BPK Pewakilan Provinsi Kalimantan Timur. Untuk menandai partisipasi BPK pada Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei,  BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur memberikan bingkisan kepada lebih kurang 18 guru yang hadir sebagai rasa penghargaan dan apresiasi atas kerjasama dan pelaksanaan tugas mereka untuk mencerdaskan anak-anak muda di Kota Samarinda. Untuk memeriahkan acara tersebut juga dibagikan tidak kurang dari 30 door prize yang diterimakan kepada semua peserta, baik guru, pelajar, dan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan untuk meningkatkan pengenalan masyarakat mengenai Badan Pemeriksa Keuangan, BPK juga menanyangkan video mengenai Badan Pemeriksa Keuangan, dan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Karena penyelenggaran acara dimaksud bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Ir. R. Cornel Syarief Prawiradiningrat, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur pada kesempatan itu pula ditampilkan video mengenai sosok Kepala Perwakilan dan pemotongan tumpeng.

Untuk menegaskan mengenai tujuan penyelenggaran acara dimaksud, maka Kepala Perwakilan memberikan pengarahan dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Untuk menambah keakraban dan silaturahmi, kegiatan tersebut diakhiri dengan makan bersama.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, Majulah guru dan pelajar Indonesia.

BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menguatkan kebersamaan untuk membangkitkan potensi generasi muda.


  • Polls

    Bagaimana situs ini menurut anda?

    View Results

    Loading ... Loading ...
  • Polls

    SURVEY LAYANAN INFORMASI PUBLIK

    View Results

    Loading ... Loading ...