Pemantauan atas Penyaluran Bantuan Siswa Miskin(BSM) kepada Siswa di Kota Balikpapan

25/02/2014 – 11:50
Gambar 1. Penyerahan sertifikat BSM dari Dirjen Dikmen kepada Walikota Balikpapan

Gambar 1. Penyerahan sertifikat BSM dari Dirjen Dikmen kepada Walikota Balikpapan

Balikpapan, 21/02/2014

Jumat (21/02/2014), Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Pemerintah Kota Balikpapan menyelenggarakan acara Pemantauan atas Penyerahan Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Siswa di Kota Balikpapan, bertempat di Balikpapan Sport and Convention Center. Pada acara tersebut dihadiri ± 1000 siswa baik dari tingkat SD, SMP, sampai SMA/SMK beserta orang tua murid, Guru, dan Komite Sekolah. Turut hadir pula dalam acara tersebut, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Pj. Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie, seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Kaltim, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang terdiri dari Pangdam Mulawarman, Kapolda Kaltim, Kajati Kaltim, dll

Pemantauan atas Penyaluran BSM ini merupakan wujud pelaksanaan tugas BPK dalam pemeriksaan tanggung jawab dan pengelolaan keuangan negara. Yakni, memantau realisasi penyaluran BSM kepada siswa secara langsung agar pelaksanaan Program BSM dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini Tepat Sasaran, Tepat Waktu, dan Tepat Cara. Dalam kesempatan tersebut, Anggota VI BPK RI, Dr. Rizal Djalil menyampaikan bahwa Program BSM ini nantinya menjadi obyek pemeriksaan BPK. Oleh karena itu, penyaluran BSM yang melalui rekening siswa ini dapat langsung diserahkan dan tidak ditunda oleh Bank Pelaksana yang sudah ditunjuk. Oleh karena itu, bank pelaksana yang ditunjuk dalam proses penyaluran BSM ini haruslah bank yang kredibel, tambah Anggota VI BPK RI.

Gambar 2. Anggota VI BPK RI menyerahkan buku tabungan kepada siswa penerima BSM

Gambar 2. Anggota VI BPK RI menyerahkan buku tabungan kepada siswa penerima BSM

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kaltim, menyampaikan bahwa program BSM ini sejalan dengan visi dan misi pembangunan Pemerintah Provinsi Kaltim dalam meningkatkan kualitas SDM masyarakat Kalimantan Timur. Karena Pemerintah Kaltim juga meluncurkan program Beasiswa Kaltim Cemerlang, sehingga harapan beliau dengan ditambahnya BSM ini maka tidak ada lagi siswa-siswa di Kalimantan Timur putus sekolah karena ketiadaan biaya.

Penyerahan sertifikat BSM dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M. Eng.  Kepada Walikota Balikpapan, H.M. Rizal Effendi, S.E.yang disaksikan oleh Anggota VI BPK RI dan Gubernur Kaltim. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan BSM oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, Hamid Muhammad, Ph.d, Dirjen Pendidikan Menengah, Walikota Balikpapan, Gubernur Kaltim, dan Anggota VI BPK RI kepada perwakilan siswa-siswi SD, SMP, SMA, dan SMK. (zam)

Gambar 3. Suasana acara pemantauan atas penyaluran BSM

Gambar 3. Suasana acara pemantauan atas penyaluran BSM

 


  • Slideshow

    no images were found