Penggalian Informasi oleh NIK Polandia terhadap Delegasi Media Cetak dan Elektronik di Kalimantan Timur

15/01/2014 – 16:08
Gambar 1. Pertemuan antara NIK Polandia dengan Delegasi Media Massa Lokal di Kaltim

Gambar 1. Pertemuan antara NIK Polandia dengan Delegasi Media Massa Lokal di Kaltim

Samarinda (09/01/14)

Kamis (09/01/2014) Najwyzsza Izba Kontroli (NIK) Polandia selaku Tim Peer Review BPK RI menyelenggarakan pertemuan dengan Pimpinan Redaksi Media Cetak dan Elektronik di Kalimantan Timur. Pertemuan tersebut mengagendakan diskusi untuk menggali informasi tentang pemanfaatan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK oleh Media Massa lokal baik cetak maupun elektronik serta untuk menilai hubungan antara BPK dengan stakeholder terutama media massa. Diskusi tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Tim Peer Review di Perwakilan Kalimantan Timur.

Diskusi dibuka oleh Kepala Perwakilan, Sri Haryoso Suliyanto didampingi Kepala Sub Auditorat Kaltim II, Paula Henry Simatupang dan Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas. Maksum. Dalam pembukaannya, Kepala Perwakilan memperkenalkan perwakilan media yang hadir dalam pertemuan tersebut serta menjelaskan maksud pertemuan tersebut kepada para undangan. Bahwasannya diskusi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait pemanfaatan LHP BPK oleh media massa selaku stakeholder BPK. Kemudian, diskusi dipimpin langsung oleh Ketua Tim Peer Review, Jacek Jezierski. Tim Peer Review menanyakan kepada delegasi media massa terkait manfaat nyata dari LHP BPK dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Selain itu, terkait keterbukaan BPK dalam memberikan informasi publik kepada media massa juga menjadi salah satu pertanyaan yang diajukan oleh Tim Peer Review.

Gambar 2. Foto Bersama usai diskusi

Gambar 2. Foto Bersama usai diskusi

Beberapa delegasi media menanggapi dengan positif beberapa pertanyaan yang diajukan. Tidak sedikit pula tanggapan tersebut bersifat mengkritik dari kinerja BPK, terutama Perwakilan Kalimantan Timur. Tentunya kritik yang berarah pada perbaikan kinerja BPK dalam hal publikasi Hasil Pemeriksaan kepada media. Disamping itu, masukan dari Media untuk memberikan pendidikan atau pemahaman dalam membaca suatu hasil pemeriksaan menjadi salah satu masukan yang diperhatikan oleh Tim Peer Review. Dalam kesempatan tersebut, delegasi media dengan NIK Polandia juga bertukar informasi terkait kinerja NIK Polandia dan peranan media di Polandia. Dari diskusi ini nantinya akan menghasilkan rekomendasi kepada BPK untuk dapat meningkatkan kinerja BPK khususnya dalam memberikan kesempatan kepada media untuk mengakses laporan hasil pemeriksaan BPK. (zam)


  • Slideshow