BPK RI BERIKAN OPINI WTP-DPP KEPADA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

12/11/2013 – 15:20
Gambar 1. Anggota VI BPK menyerahkan LHP kepada Gubernur Kaltim

Gambar 1. Anggota VI BPK menyerahkan LHP kepada Gubernur Kaltim

Samarinda (4/11/13)

Jumat (1/11/2013), BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Tahun Anggaran 2012. LHP diserahkan Anggota VI BPK RI Dr. H. Rizal Djalil disaksikan oleh Kepala Perwakilan, Sri Haryoso Suliyanto, kepada Ketua Sementara DPRD Kaltim HM. Syahrun, dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak melalui Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Kalimantan Timur di Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Timur.

LHP atas LKPD Provinsi Kaltim TA 2012 yang dikemas dalam tiga buku yang memuat opini Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas (WTP-DPP) dalam semua hal material sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Prestasi ini adalah pertama kalinya diraih Pemprov Kaltim setelah dua tahun sebelumnya mendapat opini Wajar Dengan Pengecualiaan (WDP).

Pemberian opini WTP-DPP karena masih terdapat hal-hal yang harus diselesaikan oleh Pemprov Kaltim  yaitu persediaan, aset tanah, dan aset peralatan dan mesin. Pemprov Kaltim perlu menyelesaikan barang persediaan yang belum diketahui, pencatatan persediaan yang belum didasarkan stock opname, aset tanah belum dilengkapi dengan bukti kepemilikan, dikuasai oleh pihak lain, tidak diketahui keberadaannya, rusak berat belum dihapuskan, dan sudah diserahkan kepada pihak lain masih tercatat dalam buku inventaris dan kartu inventaris barang.

Dalam sambutannya, Rizal Djalil menyatakan hal-hal yang menjadi dasar pemeriksaan adalah kesesuaian dengan SAP, kecukupan pengungkapan bukti, kepatuhan pada peraturan perundang-undangan, dan efektivitas pengendalian internal. Rizal Djalil juga memuji struktur APBD yang dinilai cukup baik dan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan keuangan daerah.  Diakhir sambutannya, Rizal Djalil berharap pada tahun-tahun yang akan datang mudah-mudahan tidak ada catatan lagi dan Pemprov Kaltim dapat meraih opini  WTP.

Gambar 2. Penandatanganan Berita Acara Serah Terima LHP atas LKPD Provinsi Kaltim

Gambar 2. Penandatanganan Berita Acara Serah Terima LHP atas LKPD Provinsi Kaltim

Awang Faroek  menyambut baik pemberian opini tersebut. “Kesuksesan meraih opini WTP DPP atas pengelolaan LK TA 2012 ini tentu akan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemprov Kaltim untuk bekerja lebih baik di masa mendatang”, ujarnya.(co)

 


  • Slideshow