Upacara memperingati Hari Ibu ke-84 Tahun 2012

20/12/2012 – 08:59
Gambar 1. Seluruh pegawai mengikuti upacara hari ibu.

Gambar 1. Seluruh pegawai mengikuti upacara hari ibu.

Samarinda(18/12/2012)

Selasa (18/12/2012) pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur mengikuti upacara memperingati Hari Ibu ke-84 Tahun 2012. Upacara yang dilaksanakan di halaman kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur tersebut dipimpin oleh Tri Wening Nugraheni, staf Subag SDM. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Sri Haryoso Suliyanto.

Hari ibu merupakan peringatan terhadap nilai-nilai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang mendambakan nilai persatuan dan kesatuan Indonesia, nilai kebangsaan Indonesia, nilai untuk kemerdekaan Indonesia, nilai kasih sayang ibu Indonesia dan nilai kerelaan berkorban untuk berjuang membangun Indonesia.

Adapun Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya diadakan pada tanggal 22 Desember, namun karena tanggal 22 Desember 2010 jatuh pada hari sabtu, maka puncak acara PHI ke-84 Tahun 2012 dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2012 dan upacara bendera kali ini juga dilaksanakan pada tanggal yang sama.

Gambar 2. Kepala Perwakilan bertindak sebagai inspektur upacara

Gambar 2. Kepala Perwakilan bertindak sebagai inspektur upacara

Melalui Peringatan Hari Ibu ke-84 Tahun 2012, diharapkan seluruh lapisan masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki, dari berbagai latar belakang budaya, agama dan status sosial melakukan introspeksi kembali terhadap upaya dan perjuangan yang telah dilakukan kaum perempuan di berbagai bidang dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia. Partisipasi perempuan di berbagai bidang untuk mewujudkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki juga merupakan bagian penting dari perjuangan gerakan perempuan Indonesia di era globalisasi dan persaingan yang semakin menekan, terutama bagi negara berkembang seperti Indonesia ini.

Pada kesempatan tersebut, inspektur upacara membacakan naskah pidato Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Upacara Peringatan Hari Ibu ke-84 yang mengambil tema “Peran Perempuan dan Laki-laki dalam mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Kesejahteraan Bangsa”. Melalui tema tersebut diharapkan semua pihak berjuang meningkatkan peran aktif perempuan bersama kaum laki-laki dalam membangun bangsa, membangun kesejahteraan dan menjalin hubungan yang erat dengan berbagai bangsa di dunia baik regional maupun internasional. Selanjutnya, upaya peningkatan peran dan partisipasi perempuan dan laki-laki dalam pembangunan berkelanjutan perlu dilihat menjadi satu hal yang sangat strategis dalam memperkuat ketahanan nasional, dan tentunya berimplikasi pada kesejahteraan bangsa.

Diakhir sambutan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengajak semua pihak untuk

  1. Meningkatkan pendidikan politik dan partisipasi perempuan dalam mengambil keputusan
  2. Meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ekonomi kreatif yang berwawasan lingkungan
  3. Meningkatkan peran laki-laki dan keluarga dalam penghapusan diskriminasi  dan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak; dan
  4. Membangun kesehatan masyarakat yang berkeadilan. (jam)

Gambar 3. Pejabat Struktural BPK Kaltim mengikuti Upacara Hari Ibu

Gambar 3. Pejabat Struktural BPK Kaltim mengikuti Upacara Hari Ibu


  • Slideshow

    no images were found