Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun BPK RI ke-65

18/02/2012 – 11:58
DSC_0193

Pengibaran Bendera Merah Putih

Samarinda (17/01/12)

Pada Selasa (17/01/2012) seluruh pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur mengikuti upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-65 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Tahun 2012 yang dilaksanakan di halaman kantor BPK RI Perwakilan Kalimantan Timur. Upacara ini dipimpin oleh Kepala Sekretariat Perwakilan R. Tata Teja Wiguna serta bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur, Sri Haryoso Suliyanto.

DSC_0268

Kepala Perwakilan membacakan naskah pidato

Pada kesempatan tersebut, inspektur upacara membacakan naskah pidato Ketua BPK RI pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Dalam pidatonya, Kepala Perwakilan mengingatkan kembali akan tugas BPK sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 yaitu memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara. Dengan kata lain,  pendirian BPK bertujuan untuk mendorong pencapaian tujuan bernegara, yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Selain itu, dalam pidatonya disampaikan pula progress kemajuan yang dialami BPK baik dalam hal pemeriksaan maupun non pemeriksaan. Dalam hal pemeriksaan, salah satunya gagasan BPK untuk membentuk pusat data yang selanjutnya disebut dengan Sinergi Nasional Sistem Informasi (SNSI) mendapat dukungan postif dari berbagai pihak. Terwujud dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan lembaga Negara, kementerian, lembaga nonkementerian, pemerintah daerah, dan BUMN.

Dibidang non pemeriksaan, BPK juga meraih prestasi diantaranya memperoleh predikat ‘Baik’ dari Tim Penjamin Kualitas Reformasi Birokrasi Nasional atas Program Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan BPK sejak tahun 2007. Selain itu, BPK telah mencetak sejarah menjadi inisiator dan tuan rumah pendirian organisasi BPK se-ASEAN (ASEANSAI). Serta, BPK terpilih menjadi Ketua International Organization of Supreme Audit Institutions Working Group on Environmental Auditing (INTOSAI WGEA). Seluruh pencapaian ini pada hakekatnya dimaksud untuk semakin meningkatkan kinerja BPK dalam melaksanakan tugasnya.

DSC_0172

Laporan komandan upacara

Pada akhir pidatonya, Kepala Perwakilan berpesan kepada seluruh pegawai di BPK untuk selalu menjunjung tinggi independensi, integritas, dan profesionalisme. Karena, BPK dapat berdiri tegak karena lembaga ini sangat menjunjung tinggi kredibilitas organisasi dan kepercayaan publik.(zam)


  • Slideshow