Diklat SIMDA BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur

17/04/2009 – 13:35

Sebagai salah satu upaya peningkatan kemampuan dan profesionalisme auditor, maka BPK RI Perwakilan Propinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalimantan Timur menyelenggarakan Diklat Sistem Informasi dan Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA).

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu tanggal 27 hingga 28 Januari 2009 dan bertempat di Kantor BPKP Cabang Samarinda. Materi yang disampaikan oleh Instruktur yang berasal dari BPKP antara lain tentang; 1) Gambaran Umum SIMDA, 2) Sistem Requirement SIMDA, 3) Pengendalian Intern dan Aplikasi SIMDA, 4) Pemanfaatan Laporan Penganggaran dalam Audit, 5) Pemanfaatan Laporan Penatausahaan dalam Audit, 6) Pemanfaatan Laporan Pembukuan dan Pertanggungjawaban dalam Pelaksanaan Audit.

Kegiatan yang berlangsung dalam 2 hari dan diikuti oleh 66 auditor ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para auditor tentang gambaran umum program aplikasi komputer SIMDA, tatacara pengoperasian, jenis-jenis output aplikasi, tata cara export/import data dan tabel/referensi/database yang digunakan. Pemahaman tersebut sangat penting sebagai bekal untuk melakukan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pada Pemerintah Propinsi/Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutan Kepala Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Drs. Widyatmantoro menegaskan akan perlunya kerjasama yang lebih erat antara BPK dan BPKP khususnya dalam hal pertukaran informasi tentang pemeriksaan. (SDM)


  • Slideshow

    no images were found