Pemerintah Kota Balikpapan Menyerahkan Laporan Keuangan sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

29/04/2011 – 17:38

LK_Balikpapan

Samarinda (15/04/11)

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyerahkan Laporan Keuangan untuk Tahun Anggaran 2010 kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BPK Kaltim) pada Jumat (15/04/11). Penyerahan yang dilakukan di Kantor Perwakilan BPK Kaltim tersebut menunjukkan bentuk pertanggungjawaban Pemkot Balikpapan dalam mengelola keuangan daerah. Dalam acara tersebut, Wakil Walikota Balikpapan, H. M. Rizal Affendi, menyerahkan langsung Laporan Keuangan Kota Balikpapan kepada Kepala Perwakilan BPK Kaltim, Tri Heriadi.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPK Kaltim mengatakan bahwa BPK mengapresiasi atas kesungguhan Pemkot Balikpapan dalam upaya meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan daerah. Kepala perwakilan juga menegaskan, fungsi pemerintah daerah semestinya sebagai stimulan dalam pembangunan daerah selain sebagai fungsi administrasi daerah. Dengan begitu, tanggung jawab pembangunan daerah bukan hanya milik pemerintah daerah, tetapi juga tanggung jawab masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, Rizal Effendi menyampaikan beberapa masalah yang dihadapi daerahnya terkait pengelolaan keuangan dan administrasi daerah. Masalah yang paling utama adalah kurangnya tenaga yang memiliki kemampuan pengelolaan keuangan daerah dan administrasi. Contohnya, pada sekolah-sekolah di Kota Balikpapan yang belum memiliki cukup tenaga untuk mengelola keuangannya. Hal ini menjadi kendala Pemkot Balikpapan dalam menyusun Laporan Keuangan.

Pemkot Balikpapan berharap dalam pemeriksaan yang akan BPK lakukan nanti, BPK mampu membimbing Pemkot Balikpapan untuk mengelola keuangan daerah. Pemkot Balikpapan mengharapkan rekomendasi yang diberikan oleh BPK atas Laporan Hasil Pemeriksaan nantinya mampu digunakan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada. Wakil Walikota Balikpapan berharap BPK dan Pemkot Balikpapan mampu menyamakan persepsi atas permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan keuangan daerah di Kota Balikpapan.(Mu)


  • Slideshow