Pentingnya Menggunakan Teknologi berbantuan komputer dalam melakukan Pemeriksaan

08/02/2011 – 15:59

TABKSamarinda (02/02/11)

Dalam melakukan pemeriksaan LKPD, penggunaan komputer dan teknik-teknik di dalamnya sangat berperan penting dalam membantu seorang auditor mengolah data yang berasal dari entitas. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan, Tri Heriadi, dalam pengarahan kepada seluruh auditor di BPK RI Perwakilan Kaltim pada Rabu (02/02/11) sebelum melaksanakan tugas Pemeriksaan Pendahuluan LKPD.

Hal ini sejalan dengan Konsep “BPK-Sinergi” yang dicanangkan oleh Ketua BPK RI, Drs. Hadi Poernomo, Ak. Dalam konsep tersebut diharapkan nantinya auditor dalam melakukan pemeriksaan dengan memanfaat data elektronik milik pihak auditee (e-auditee) yang terintegrasi dengan pusat data milik BPK RI (e-BPK). Namun sinergi tersebut membutuhkan tenaga-tenaga auditor yang terampil dan memiliki kemampuan yang cukup dalam mengolah data menggunakan bantuan komputer (SQL dan Ms. Excell). Hal tersebut menjadi tantangan bagi perwakilan untuk meningkatkan kompetensi para pegawainya dalam melakukan Audit dengan Teknik Berbantuan Komputer.

Dalam pengarahan tersebut, Kepala Perwakilan juga meminta bantuan dari Tim IT perwakilan Kalimantan Timur untuk memberikan beberapa teknik dalam mengolah data pemeriksaan LKPD. Pada kesempatan ini, Agung Hermawan dari tim IT perwakilan memberikan beberapa teknik dalam menggunakan aplikasi program SQL dan Excell dalam mengolah data dari auditee.

Kepala perwakilan mengharapkan dengan adanya sosialisasi seperti ini, auditor di lingkungan BPK RI Perwakilan Kaltim dapat lebih memahami pentingnya teknik berbantuan komputer dalam melaksanakan pemeriksaan. Selain itu, diharapkan para auditor juga dapat terus berusaha meningkatkan kemampuannya dalam memanfaatkan berbagai aplikasi teknologi untuk diterapkan dalam pemeriksaan.(mu)


  • Slideshow