Diklat Teknis Pemeriksaan LKPD sebagai Bekal Pemeriksa sebelum terjun ke Lapangan

08/02/2011 – 15:54

diklatLKPD1

Samarinda (31/01/11)

Bertujuan memberikan bekal kepada para pemeriksa yang akan melaksanakan Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Keuangan Daerah (LKPD), BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Diklat Teknis Pemeriksaan LKPD selama 5 hari pada tanggal 24 s.d 28 Januari 2010. Diklat yang dilaksanakan di Auditorium, Gedung Baru Kantor BPK RI Perwakilan Kaltim tersebut mengikutsertakan seluruh auditor BPK RI perwakilan Kaltim. Dalam kesempatan ini yang menjadi narasumber yaitu Sulih Nugroho (Kasie II.B Kaltim), Pemut Aryo Wibowo (Kasub Aud II Kaltim) serta auditor senior dari BPK RI Perwakilan Sulawesi Barat, Masmur.

Selain membahas mengenai permasalahan-permasalahan yang akan ditemui dalam pelaksanaan Pemeriksaan LKPD, dalam Diklat Teknis yang dibuka oleh Kepala Perwakilan, Tri Heriadi, tersebut juga dilakukan diskusi mengenai permasalahan yang aktual dalam pemeriksaan LKPD di wilayah Kalimantan Timur. Selain itu, pemeriksa juga mendapatkan beberapa teknik dan trik, termasuk pelajaran sekilas mengenai Teknik Pemeriksaan berbantuan Komputer agar dapat digunakan dalam melakukan Pemeriksaan Pendahuluan LKPD nanti.

diklatLKPD2Melalui diklat teknis tersebut diharapkan para pemeriksa yang akan turun ke lapangan dalam kegiatan pemeriksaan LKPD sudah betul-betul siap. Bukan hanya materi dan dasar hukum terkait penyusunan LKPD tetapi juga bagaimana pemeriksa dapat mendeteksi adanya fraud sejak dini. Selain itu, dengan bekal materi yang cukup, pemeriksa dapat benar-benar menjalankan tugas dengan baik. (mu)


  • Slideshow

    no images were found