Test Penerimaan CPNS BPK RI Wilayah Kalimantan Timur

19/01/2011 – 16:45

suasana test(Samarinda, 21/11/10)

Pada tanggal 20 November 2010 bertempat di Auditorium Universitas Mulawarman Kampus Universitas Mulawarman, Gunung Kelua, Samarinda, diadakan test CPNS BPK RI Tahun 2010. Test tersebut merupakan test tahap I dari rangkaian test CPNS BPK RI yang dilaksanakan serentak pada 33 kota di Indonesia. Seperti tahun sebelumnya, untuk penerimaan PNS tahun ini BPK RI menerima lulusan tingkat SMK, Diploma III, dan S1.

Rangkaian acara Test Tahap I ini dimulai dari Pengesahan Kartu ujian yang dilakukan di Kantor Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Timur di Jalan M.Yamin No.4 sehari sebelum diadakannya test (19/11/2010). Untuk wilayah Kalimantan Timur, dari 352 pelamar hanya 84 pelamar yang lolos administrasi untuk dapat mengikuti Test Tahap I ini.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk saat ini test tahap I diadakan satu hari. Tingkat S1 dan DIII mengikuti 2 test yaitu Test Potensi Akademik dan Test Bahasa Inggris, sedangkan untuk tingkat SMK mengikuti Test Potensi Akademik. Dari 84 orang pelamar yang lolos administrasi, tercatat hanya 71 Peserta yang mengikuti Test Tahap I ini, dengan rincian 62 orang peserta untuk tingkat S1, 5 orang peserta untuk Diploma III dan 4 orang peserta untuk tingkat SMK.

Seperti tahun sebelumnya, BPK RI menyerahkan fasilitas materi ujian kepada pihak ke tiga. Materi Test Potensi Akademik diserahkan kepada Bapenas sedangkan materi untuk Test Bahasa Inggris dibuat oleh Universitas Negeri Jakarta. Pada test kali ini, pelaksana dibantu oleh beberapa karyawan Universitas Mulawarman untuk mengawasi jalannya ujian.

Pelaksanaan tes dimulai dengan sambutan yang diberikan oleh kepala perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Timur, Tri Heriadi, SH., MM., yang pada kesempatan kali ini harapan beliau agar nantinya terlahir pejabat BPK RI dari Kalimantan Timur. Hal ini tentunya senada dengan hasil pencapaian yang diperoleh oleh tes CPNS BPK RI tahun 2009 di wilayah Kalimantan Timur dimana dari sekitar 250 Peserta yang mengikuti tes, hanya 2 orang peserta yang diterima menjadi CPNS BPK RI. Hasil dari tes tahap I ini diumumkan pada pertengahan Januari 2011.(Yus)


  • Slideshow

    no images were found